Minggu, 18 Agustus 2013
KURIKULUM
A.
Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum MAS Muhammadiyah Jasinga Kabupaten
Bogor memuat kelompok mata pelajaran sebagai berikut :
1. agama dan akhlak mulia.
2. kewarganegaraan dan kepribadian.
3. ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
4. estetika; dan
5. jasmani, olahraga dan kesehatan.
Masing-masing kelompok mata pelajaran tersebut diimplementasikan dalam
kegiatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran secara menyeluruh. Dengan
demikian, cakupan dari masing-masing kelompok itu dapat diwujudkan melalui mata
pelajaran yang relevan. Cakupan setiap kelompok mata pelajaran sebagai berikut
:
No
|
Kelompok Mata Pelajaran
|
Cakupan
|
1
|
Agama dan Akhlak Mulia
|
Kelompok mata pelajaran dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk
peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang
Maha Esa, serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti
atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama
|
2
|
Kewarganegaraan dan Kepribadian
|
Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan
Kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik
akan status hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme
bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa,
pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab
sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, sikap serta perilaku
anti korupsi, kolusi dan nepotisme.
|
3
|
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
|
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA/ MA atau SMALB dimaksudkan
untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta
membudayakan berpikir ilmiah serta kritis, kreatif dan mandiri.
|
4
|
Estetika
|
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan
sensitifitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi dan
mengeksopresikan keindahan serta harmoni kehidupan individual, sehingga mampu
menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan
sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis
|
5
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
|
Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan pada SMA/ MA atau SMALB, dimaksudkan untuk meningkatkan
potensi fisik serta membudayakan sikap sportifitas dan kesadaran hidup sehat
|
Adapun struktur kurikulum di Madrasah Aliyah Muhammadiyah
Jasinga dapat dilihat pada
tabel dibawah ini:
Tabel Struktur Kurikulum Kelas X
Madrasah Aliyah Muhammadiyah
Jasinga
Tahun Pelajaran : 2013/ 2014
Komponen
|
Alokasi Waktu
|
|
Semester 1
|
Semester 2
|
|
A. Mata
Pelajaraan:
|
||
1.
Pendidikan
Agama
Islam:
|
||
a. Al-Qur’an Hadis
|
2
|
2
|
b. Aqidah Akhlak
|
2
|
2
|
c. Fiqih
|
2
|
2
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
2.
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
3.
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
6.
Matematika
|
4
|
4
|
7.
Fisika
|
2
|
2
|
8.
Biologi
|
2
|
2
|
9.
Kimia
|
2
|
2
|
10. Sejarah
|
2
|
2
|
11. Geografi
|
2
|
2
|
12. Ekonomi
|
3
|
3
|
13. Sosiologi
|
2
|
2
|
14. Seni Budaya
|
2
|
2
|
15. Penjasorkes
|
2
|
2
|
16. Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
2
|
2
|
17. Ketrampilan Qiroatul
Qur’an
|
2
|
2
|
B. Muatan
Lokal :
|
||
1. Kemuhammadiyahan
|
2
|
2
|
C. Pengembangan
Diri
|
2
|
2
|
Jumlah
|
49
|
49
|
Tabel Struktur Kurikulum Kelas XI (IPS)
Madrasah Aliyah Muhammadiyah
Jasinga
Tahun Pelajaran : 2013/ 2014
Komponen
|
Alokasi Waktu
|
|
Semester 1
|
Semester 2
|
|
A. Mata
Pelajaraan:
|
||
1.
Pendidikan
Agama
Islam:
|
||
a. Al-Qur’an Hadis
|
2
|
2
|
b. Aqidah Akhlak
|
2
|
2
|
c. Fiqih
|
2
|
2
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
2.
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
3.
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4.
Bahasa Arab
|
3
|
3
|
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
6.
Matematika
|
4
|
4
|
7. Sejarah
|
2
|
2
|
8. Geografi
|
2
|
2
|
9. Ekonomi
|
3
|
3
|
10. Sosiologi
|
2
|
2
|
11. Seni Budaya
|
2
|
2
|
12. Penjasorkes
|
2
|
2
|
13. Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
2
|
2
|
14. Ketrampilan Qiroatul
Qur’an
|
2
|
2
|
B. Muatan
Lokal :
|
||
Kemuhammadiyahan
|
2
|
2
|
C. Pengembangan
Diri
|
2
|
2
|
Jumlah
|
44
|
44
|
Tabel Struktur Kurikulum Kelas XII (IPS)
Madrasah Aliyah Muhammadiyah
Jasinga
Tahun Pelajaran : 2013/ 2014
Komponen
|
Alokasi Waktu
|
|
Semester 1
|
Semester 2
|
|
A. Mata
Pelajaraan:
|
||
1.
Pendidikan
Agama
Islam:
|
||
a.
Al-Qur’an Hadis
|
2
|
2
|
b.
Aqidah Akhlak
|
2
|
2
|
c.
Fiqih
|
2
|
2
|
d.
Sejarah
Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2.
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
3.
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
6.
Matematika
|
4
|
4
|
7. Sejarah
|
2
|
2
|
8. Geografi
|
2
|
2
|
9. Ekonomi
|
3
|
3
|
10. Sosiologi
|
2
|
2
|
11. Seni Budaya
|
2
|
2
|
12. Penjasorkes
|
2
|
2
|
13. Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
2
|
2
|
14. Ketrampilan Qiroatul
Qur’an
|
2
|
2
|
B. Muatan
Lokal
|
||
Kemuhammadiyahan
|
2
|
2
|
C. Pengembangan
Diri
|
2
|
2
|
Jumlah
|
45
|
1. Muatan
Lokal
Muatan Lokal merupakan kegiatan
kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan
potensi daerah, termasuk keunggulan dari daerah, yang materi di dalamnya tidak menjadi bagian dari
mata pelajaran lain karena terlalu banyak, sehingga harus menjadi mata
pelajaran mandiri. Berdasarkan Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah
Muhammadiyah Jawa Barat, maka bagi seluruh perguruan Muhammadiyah diharuskan
memasukan pelajaran Mulok yakni Kemuhammadiyahan.
Mulok juga merupakan suatu pelajaran, sehingga madrasah harus mengembangkan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasarnya. Dengan adanya aturan tersebut Madrasah Aliyah Muhammadiyah Jasinga menentukan mulok sebagai berikut:
a.
Kemuhammadiyahan
Mata pelajaran ini
adalah Muatan Lokal yang merupakan ciri khas dari Muhammadiyah, khusus untuk Madrasah Aliyah Muhammadiyah Jasinga kelas X, XI, dan X. Pelajaran Kemuhammadiyahan
bermuatan 2 jam pelajaran
Tujuan:
Ø
Mengembangkan
kemampuan dan ketrampilan dalam berorganisasi, mendidik siswa agar senantiasa
menjalankan syariat Islam dengan sebenar-benarnya, sesuai dengan ajaran yang dicontohkan oleh Rosulullah SAW.
Ø
Mengetahui
dan memahami sejarah Muhammadiyah, dan sanggup menjadi Pelopor, Pelangsung dan
Penyempurna Amal Usaha Muhammadiyah (P3M)
2.
Pengembangan Diri
Kegiatan
pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat atau kemampuan setiap peserta didik yang disesuaikan
dengan kondisi madrasah. Kegiatan pengembangan diri dilaksanakan di bawah
bimbingan guru BK, guru, atau tenaga
pelatih diluar guru atas koordinator dari staf bidang kesiswaan.
Madrasah Aliyah
Muhammadiyah Jasinga melaksanakan
kegiatan pengembangan diri yang tercakup dalam berbagai kegiatan sebagai
berikut :
A.
JENIS-JENIS
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
a.
Kegiatan Layanan Konseling
Kegiatan layanan konseling
yang dilaksanakan meliputi :
1) Layanan bimbingan belajar
2) Layanan bimbingan perorangan
3) Layanan bimbingan kelompok
4) Layanan bimbingan karir
5) Layanan bimbingan berorganisasi
Tujuan:
1) Untuk membantu siswa dalam mengatasi
masalah belajar yang dihadapi
2) Membantu mengatasi masalah kehidupan
sosial siswa
3) Membantu dalam pemilihan jenjang
pendidikan yang lebih tinggi
4) Membantu siswa dalam pengembangan karir
atau bakat yang dimiliki.
b.
Kegiatan
Hizbul Wathan (Kepramukaan)
Dalam kegiatan pembinaan kepada siswa
ditanamkan kecakapan dalam berorganisasi Kepanduan, yang diberi nama Hizbul
Wathan, dengan meliputi kegiatan sebagai berikut :
1)
Latihan
tali temali
2)
Latihan
hidup di alam
3)
Latihan
kecakapan Baris Berbaris (PBB)
4)
Latihan
bekerjasama dan berorganisasi
Tujuan :
1) Sebagai wahana untuk berlatih
berorganisasi
2) Melatih siswa untuk terampil dan mandiri
3) Melatih siswa untuk dapat mempertahankan
hidup dalam keadaan apapun
4) Melatih siswa untuk senantiasa memiliki
kepekaan jiwa social yang tinggi
5) Melatih siswa untuk dapat memiliki sikap
kerjasama yang tinggi orang lain
6) Melatih siswa untuk dapat menyelesaikan
masalah dengan cepat dan tepat
c. Kegiatan
Seni Bela Diri (Tapak Suci)
Kegitan yang memberikan tuntunan
ajaran-ajaran pencak silat untuk melatih mental, fisik, dan rohani siswa,
sehingga mampu dan memiliki jiwa yang kuat lahir dan batin. Yang meliputi :
1)
Latihan
Pelenturan
2)
Latihan
pemanasan (Fisik: lari, pus up, sekot jum, set up, dll)
3)
Latihan
jurus dan pengembangan keilmuan seni beladiri
4)
Latihan
separing
5)
Latihan
pengembangan seni (Tepak satu, tepak dua, pareredan)
Tujuan :
1)
Untuk
memberikan kelenturan kepada peserta supaya otot-ototnya tidak kaku
2)
Agar
fisik dan badanya kuat
3)
Supaya
siswa mampu untuk melakukan, dan membela diri
4)
Supaya
peserta berani dalam menghadapi lawan, sekaligus untuk meraih prestasi dalam
kejuaraan dan pertandingan-pertandingan
5)
Untuk
memberikan nuansa seni (Kembang) yang dapat diterapkan dalam bentuk
gerakan-gerakan yang lentur dan berirama.
B.
JADWAL
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
No
|
Jenis
Kegiatan
|
Hari
|
Waktu
|
1
|
Pelayanan Bimbingan dan Konseling
|
Senin
s.d Rabu
|
09:40
– 10.10
|
2
|
Kepramukaan / HW
|
Ahad
|
08.00
– 10.00
|
3
|
Bela Diri
|
Sabtu
|
08.00 – 09.30
|
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar